Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Disebut Pertama pada Pembukaan KTT ASEAN

Kompas.com - 12/11/2014, 16:59 WIB


MYANMAR, KOMPAS.com
 — Nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan yang pertama kali disebut oleh Presiden Myanmar U Thein Sein dalam pidato pembukaan KTT ke-25 ASEAN, kemudian disusul nama Perdana Menteri Thailand Jenderal Prayuth Chan O-cha.

"Saya meyakini bahwa dalam pemerintahan Anda tidak hanya akan membawa perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran yang lebih besar bagi rakyat, tetapi berkontribusi untuk meningkatkan integrasi ASEAN. Untuk itu, saya menyambut dengan hangat kehadiran Anda dalam lingkaran pemimpin negara ASEAN," begitu pidato Thein Sein saat membuka KTT ASEAN di Naypyidaw, Myanmar, Rabu (12/11/2014), seperti dikutip Antara.

Penyebutan nama Presiden Jokowi dan PM Prayuth Chan O-cha dalam pidato pembukaan oleh Presiden Thein Sein, yang sekaligus menjadi tuan rumah KTT ASEAN tahun ini, merupakan sebuah sambutan dalam partisipasi perdana mereka mengikuti KTT ke-25 ASEAN yang diadakan di Naypyidaw, Myanmar, pada 12-13 November 2014.

KTT ASEAN kali ini merupakan penampilan perdana Jokowi semenjak dirinya menjabat sebagai presiden ketujuh RI, setelah menggantikan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Sedangkan PM Prayuth Chan O-Cha yang menggantikan PM Thailand sebelumnya, Yingluck Shinawatra.

Sebelum pembukaan KTT ke-25 ASEAN, Presiden Jokowi juga sempat melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden U Thein Sein.

Pada pertemuan tersebut, keduanya membahas kerja sama lebih lanjut antara Myanmar dan Indonesia serta kerja sama di arena internasional, meningkatkan volume perdagangan antara Myanmar dan Indonesia menjadi satu miliar dollar AS pada tahun 2016.

Selain itu, juga membahas langkah-langkah komisi kerja sama Myanmar-Indonesia, reformasi politik, dan proses perdamaian yang sudah diluncurkan di Myanmar.

Volume perdagangan Myanmar-Indonesia pada tahun 2013 adalah 498 juta dollar AS.

Selain ke-10 kepala negara anggota ASEAN, kegiatan bangsa-bangsa di Asia Tenggara itu juga akan dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri Australia Tony Abbot, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Hadir pula Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, Perdana Menteri Selandia Baru John Key, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon, Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh, dan Presiden ASIA Development Bank Takehiko Nakao.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com