Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Kunjungan Obama, China Pamer Jet "Siluman" Terbaru

Kompas.com - 11/11/2014, 21:03 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - China memamerkan sebuah jet tempur siluman canggih dalam sebuah pameran dirgantara, Selasa (11/11/2014), sebuah ajang unjuk kekuatan bertepatan dengan kehadiran Presiden AS Barack Obama dalam KTT APEC.

Pemerintah China berharap keberadaan jet siluman J-31 yang dikembangan Aviation Industry Corp of China (AVIC) akan mampu bersaing dengan pesawat sejenis buatan AS di pasar dunia.

Jet tempur bermesin ganda itu dipamerkan dalam Pameran Penerbangan dan Angkasa Luar Internasional China di kota Zhuhai, sebuah ajang dua tahunan yang menjadi tempat bagi China untuk memamerkan teknologi militer terbarunya.

Jet siluman J-31 itu sempat melakukan demonstrasi terbang namun tidak dipamerkan setelah melakukan uji terbang meski versi "non-orisinalnya" dipajang dalam pameran tersebut.

Meski dipamerkan dalam ajang internasional itu, seorang juru bicara AVIC enggan berbicara banyak soal rencana penjualan atau pemesanan pesawat itu.

"Kami diperintahkan untuk tidak melakukan promosi apapun terkait pesawat ini," kata juru bicara AVIC, Fu Mingyao.

Pemerintah China berharap jet siluman J-31 ini bisa bersaing dengan pesawat sejenis buatan AS yaitu F-35, di saat China tengah memperkuat posisinya sebagai negara produsen persenjataan dunia.

"Para pakar memprediksi J-31 akan dengan cepat menguasai pasar di masa depan dan tak diragukan akan mengalahkan F-35," demikian ditulis harian pemerintah, People's Daily tahun lalu.

Harian tersebut menambahkan J-31 akan diincar negara-negara  yang mendapatkan embargo persenjataan dari AS. Pesawat ini adalah jet tempur siluman kedua yang diproduksi China dalam beberapa tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com