Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Tuduh Rusia Kirim Puluhan Tank untuk Bantu Separatis

Kompas.com - 07/11/2014, 21:33 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Pemerintah Ukraina menuduh Rusia mengirim puluhan tank, persenjataan berat dan truk penuh tentara ke wilayah timur yang dikuasai kelompok separatis.

Juru bicara militer Ukraina, Andriy Lysenko, Jumat (7/11/2014), mengatakan sedikitnya 32 tank dan 16 sistem artileri serta 30 truk penuh pasukan dan amunisi telah melintasi perbatasan memasuki wilayah Ukraina timur dari Rusia.

Lysenko menambahkan, iring-iringan itu masih ditambah dengan tiga stasiun radar bergerak yang juga memasuki Ukraina timur.

Sejauh ini, Rusia belum menanggapi pernyataan Lysenko itu namun sebelumnya Rusia kembali menolak tuduhan Barat bahwa Moskwa mengerahkan pasukannya di sekitar perbatasan dengan Ukraina.

Kiev belakangan memerintahkan militer untuk menambah jumlah pasukan di garis depan untuk mencegah hilangnya lebih banyak wilayah ke tangan kelompok separatis.

Pada September lalu pemerintah Kiev dan milisi separatis menandatangani perjanjian damai yang berhasil menghentikan konfrontasi skala besar di hampir seluruh garis depan. Namun, serangan artileri dan pengeboman masih sesekali terjadi di kawasan perindustrian di Ukraina timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com