Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Komersial di India Tabrak Kerbau Saat Akan Tinggal Landas

Kompas.com - 07/11/2014, 21:14 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebuah insiden penerbangan tak lazim terjadi di India ketika sebuah pesawat milik maskapai penerbangan murah SpiceJet menabrak seekor kerbau liar saat akan tinggal landas.

Insiden itu terjadi di kota Surat, negara bagian Gujarat, pada Kamis (6/11/2014), dan menyebabkan kerusakan signifikan pada pesawat itu. Beruntung, tak ada korban dari 146 penumpang dan kru yang ada di dalam pesawat tersebut.

Manajemen SpiceJet mengatakan, pesawat Boeing 737-800 itu menabrak seekor kerbau liar saat hendak tinggal landas di bandara Surat. Akibatnya, pesawat itu mengalami kerusakan dan tidak bisa melanjutkan penerbangan dan para penumpang dipindahkan ke pesawat lain.

"Hewan liar memang menjadi masalah di beberapa bandara. Insiden ini memengaruhi operasi reguler kami dan untuk sementara semua penerbangan SpiceJet dari Surat dibatalkan," demikian pernyataan manajemen SpiceJet.

Direktur Operasional SpiceJet Sanjiv Kapoor, lewat akun Twitter-nya, menuding buruknya keamanan bandara menjadi biang insiden itu. "Seekor kerbau berkeliaran di landasan pacu sangat tidak bisa diterima," ujar Kapoor.

Salah seorang penumpang, Prabhakar Joshi, mengatakan, dia mendengar suara keras seperti sesuatu telah menabrak roda pesawat, saat pesawat menambah kecepatan untuk lepas landas.

"Jika kejadian itu terjadi beberapa detik setelah itu, setelah pesawat mulai lepas landas, maka kemungkinan besar akan terjadi bencana," kata Joshi kepada stasiun televisi NDTV.

Bandara-bandara di India biasanya memiliki pengamanan yang cukup bagus. Namun, di sejumlah bandara kecil, keamanan dan pemeliharaan kerap terabaikan.

Pada 2008, hampir 100 penerbangan terganggu dalam sehari setelah sekeluarga kadal monitor merayap di landas pacu bandara New Delhi, yang memicu penutupan bandara selama empat jam.
Dalam kesempatan lain dilaporkan, anjing liar, antelop, burung merak, landak, ular, kera, rubah, dan anjing berkeliaran di landas pacu beberapa bandara di India.

SpiceJet adalah maskapai penerbangan murah India dan sekaligus maskapai terbesar keempat di India dilihat dari jumlah penumpangnya. SpiceJet melayani 340 penerbangan sehari ke 49 tujuan, termasuk 8 rute internasional. Maskapai ini menggunakan armada Boeing 737 Next Generation dan Bombardier Dash 8 Q400.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com