Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Milik Presiden "Termiskin" di Dunia Ditawar Rp 12 Miliar

Kompas.com - 07/11/2014, 15:47 WIB

MONTEVIDEO, KOMPAS.com — Presiden Uruguay Jose Mujica, yang dijuluki presiden termiskin di dunia, mengatakan bahwa dia mendapat tawaran 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 12 miliar untuk menjual mobil Volkswagen Beetle tuanya.

Dia mengatakan kepada majalah Busqueda, jika dia menerima tawaran itu, uangnya akan digunakan untuk membantu yang miskin.

Presiden Mujica—atau biasa dipanggil dengan Pepe— tinggal di sebuah peternakan reot, dan memberikan sebagian besar gajinya untuk orang miskin. Jose Mujica hidup bersama istrinya di sebuah peternakan, bukan di istana presiden.

Pada 2010, dalam pengumuman harta kekayaan—yang juga wajib diberikan oleh semua pejabat di Uruguay—mobil Beetle produksi tahun 1987 miliknya hanya bernilai 1.800 dollar AS.

Busqueda melaporkan, tawaran itu datang dari seorang syekh Arab dalam pertemuan internasional awal tahun ini di Santa Cruz, Bolivia. "Mereka membuat penawaran," kata Mujica (79) kepada majalah itu.

"Saya cukup terkejut, dan pada awalnya saya tidak terlalu memikirkannya. Namun, penawaran lain kemudian datang, dan saya mulai memperhatikannya lebih serius," tambah Mujica.

Presiden Mujica mengatakan, dia tidak terlalu mencintai mobil, dan akan senang hati untuk melelangnya.

Dia bergurau bahwa selama ini dia belum menjual mobilnya karena dibutuhkan oleh anjing berkaki tiga miliknya, bernama Manuela.

Mujica mengatakan, jika dia mendapat 1 juta dollar AS untuk mobil itu, dia akan menyumbangkannya pada program yang mendukung penyediaan rumah bagi gelandangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com