Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Gelar Pameran Lukisan di London

Kompas.com - 04/11/2014, 20:51 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Korea Utara di London membuka pintunya bagi khalayak umum untuk menyaksikan pameran seni rupa.

Dengan langkah yang tidak biasa dari negara yang tertutup tersebut, para pengunjung bisa menikmati karya empat pelukis dari studio seni Mansudae di Pyongyang.

Yang juga tidak biasa -selain warga umum diizinkan masuk ke kantor kedutaan- tidak semua lukisan bertema pemandangan di Korea Utara.

Sebagian adalah lukisan dan tempat-tempat terkenal di London, seperti Tower of London dan Lapangan Trafalgar, yang dilukis ketika para senimannya berkunjung baru-baru ini ke London.

Obyek yang juga menarik perhatian pelukis Korea Utara itu antara lain dua perempuan muda yang tertawa yang kemudian diangkat jadi lukisan.

Duta Besar Korea Utara untuk Inggris Raya, Hyon Hak Bong, mengatakan pameran seni ini sebagai sumbangan atas pemahaman yang lebih baik antara kedua negara.

Pameran yang dibuka resmi Senin 3 November tersebut terwujud berkat upaya 10 tahun David Heather, kurator seni dan ahli seni Korea.

"Saya harap, ketika orang melewati pintu ini maka mereka akan meninggalkan prakonsepsi, prasangka, dan sikap politik di pintu untuk terlibat dalam kesempatan yang unik ini untuk melihat sen dan bertemu dengan seniman dari DPRK (Korea Utara)," tutur Heather kepada kantor berita AP.

Salah seorang pelukis, Ho Jae Song, mengaku menikmati kebebasan untuk melukis yang dia inginkan di London namun menegaskan kebebasan juga ada di negaranya. "Para seniman Korea Utara diizinkan untuk menggambar lukisan apa pun yang mereka inginkan."

Studio Mansudae di Pyongyang mempekerjakan 4.000 orang dan bertanggung jawab atas sebagian besar karya seni di negara itu, mulai dari lukisan pemandangan sampai poster-poster bertema sosialisme.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com