Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Nonton Voli Pria, Wanita Inggris Dipenjara di Iran

Kompas.com - 03/11/2014, 23:40 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Seorang wanita Inggris-Iran, Senin (3/11/2014) dijatuhi hukuman satu tahun penjara di Iran setelah mencoba menonton pertandingan bola voli pria, kata pengacaranya.

Pemerintah Iran melarang kaum perempuan untuk ikut menonton permainan bola voli pada tahun 2012. Sebelumnya, Iran juga terlebih dahulu melarang menonton perempuan menonton pertandingan sepak bola.

Ghoncheh Ghavami (25) dinyatakan bersalah karena dianggap menyebarkan propaganda anti-rezim, kata pengacara Alizadeh Tabatabaie. Pihak berwenang Iran menyatakan bahwa perempuan membutuhkan perlindungan dari perilaku tak pantas dari sejumlah penggemar laki-laki.

Kantor Kementrian Luar Negeri Inggris menyatakan prihatin atas keputusan pengadilan Iran yang memutuskan untuk memenjarakan Ghavani.

"Kami prihatin atas tuntutan, proses hukum selama persidangan, dan perlakuan terhadap Ghavami selama dalam tahanan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Selain voli, perempuan juga dilarang menonton pertandingan sepak bola. Kelompok pegiat hak asasi manusia Amnesti Internasional menggambarkan Ghavami, yang berasal dari Shepherd Bush di London barat menyerukan pembebasannya.

Lebih dari 700.000 orang telah menandatangani petisi online yang mendesak pihak berwenang untuk membebaskan dirinya. Ghavami merupakan bagian dari sekelompok wanita yang mencoba untuk menonton pertandingan bola voli Iran melawan Italia pada tanggal 20 Juni lalu.

Sejumlah wanita tersebut ditangkap dan diduga dipukuli sebelum dibebaskan. Ghavami kembali ditahan dan kemudian diadili. Dia melakukan aksi mogok makan pada bulan Oktober setelah ditahan dalam sel isolasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com