Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Bom Guncang Terminal Bus di Nigeria, 8 Tewas

Kompas.com - 31/10/2014, 18:56 WIB
ABUJA, KOMPAS.com — Sedikitnya delapan orang tewas dan 34 orang terluka setelah tiga bom meledak di sebuah terminal bus di negara bagian Gombe, Nigeria, Jumat (31/10/2014), pada saat jam sibuk pagi hari.

Sejumlah saksi mata mengatakan, tiga orang pria memasuki terminal bus Gimbe Line pada Jumat pagi dan ketiga orang itu masing-masing menjinjing sebuah tas yang kemudian mereka taruh di antara semak-semak.

Kepala Kepolisian Gombe Abdullahi Kudu mengatakan, ledakan terjadi pada pukul 09.00 waktu setempat dan ketiga orang itu kini sudah ditahan polisi. Kudu menambahkan, dia yakin tersangka pelaku berasal dari Yobe, di mana Boko Haram menguasai sejumlah kota dan desa di negara bagian itu.

Negara bagian Gombe berbatasan dengan tiga negara bagian bergolak di wilayah timur laut Nigeria, yaitu Adamawa, Borno, dan Yobe.

Sejauh ini, belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab terkait ledakan bom ini. Namun, serangan seperti ini biasanya langsung diasosiasikan dengan Boko Haram.

Sebab, Boko Haram tercatat pernah melakukan serangkaian serangan bom, termasuk pada April dan Mei lalu di pinggiran ibu kota Abuja.

Pada 17 Oktober lalu, Pemerintah Nigeria dan Boko Haram sepakat untuk menggelar gencatan senjata. Kesepakatan itu memunculkan harapan bahwa konflik brutal selama lima tahun terakhir akan segera berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com