Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Penumpang MH370 Ajukan Gugatan Hukum

Kompas.com - 31/10/2014, 17:34 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Dua putra penumpang Malaysia Airlines MH370 menuntut maskapai tersebut, Pemerintah Malaysia, direktur jenderal penerbangan sipil, dan kepala staf angkatan udara atas kelalaian yang menyebabkan ayah mereka hilang.

Dalam tuntutan yang diyakini sebagai tuntutan pertama sebuah keluarga penumpang MH370, kedua bocah bernama Jee Kinson (13) dan Jee Kinland (11) menilai maskapai Malaysia Airlines dan pihak-pihak yang dituntut gagal memenuhi tanggung jawab untuk mengantarkan almarhum Jee Jing Hang ke tujuannya.

"Kami telah menunggu selama delapan bulan. Setelah berbicara kepada sejumlah pakar, kami yakin kami memiliki bukti-bukti yang cukup untuk kasus ini. Sebuah pesawat besar hilang pada era teknologi seperti ini sungguh tidak bisa diterima," kata pengacara Arunan Selvaraj, saat menyampaikan tuntutan ke Pengadilan Tinggi Malaysia.

Selvaraj mengaku pihaknya akan meminta ganti rugi untuk perasaan emosi, stres, dan hilangnya pendapatan akibat meninggalnya mendiang Jee Jing Hang. Saat masih hidup, Jee menjalankan bisnis internet yang meraup pendapatan per bulan sebesar 17.000 ringgit atau sekitar Rp 62,4 juta.

Penerbangan MH370, yang membawa 239 penumpang dan awak, hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Pada 24 Maret lalu, Pemerintah Malaysia mengatakan bahwa pesawat itu "jatuh dan tidak ada korban yang selamat".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com