Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Desak Semua Pihak Tahan Diri Setelah Israel Janji Buka Kembali Al Aqsa

Kompas.com - 31/10/2014, 08:42 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat (AS), Kamis (30/10/2014) waktu setempat, mendesak semua pihak di Jerusalem untuk menahan diri di tengah ketegangan yang berlangsung di kota suci itu. AS mengatakan, pihaknya sedang bekerja sama dengan Israel, Palestina, dan Jordania untuk mencoba memulihkan ketenangan.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga mengutuk penembakan terhadap rabi garis keras Yehuda Glick yang punya dua kewarganegaraan, yaitu Israel dan AS.

Kerry meminta pembukaan kembali Masjid Al Aqsa di Jerusalem bagi para jemaah Muslim saat polisi mengatakan bahwa kompleks itu akan dibuka pada Jumat dini hari ini untuk shalat subuh. "Saya sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan di Jerusalem dan khususnya di sekitar Haram al-Sharif atau Temple Mount," kata Kerry dalam sebuah pernyataan.

"Ini benar-benar penting bahwa semua pihak menahan diri, menahan diri dari tindakan dan retorika provokatif, dan melestarikan status quo Haram al-Sharif atau Temple Mount yang bersejarah, dalam kata-kata dan tindakan."

Kerry mengatakan, dirinya melakukan komunikasi intensif dengan para pemimpin Israel, Jordania, dan Palestina guna meredakan situasi. "Saya mendesak para pemimpin dari ketiga pihak untuk melaksanakan kepemimpinan yang tegas dan bekerja sama untuk menurunkan ketegangan dan mencegah kekerasan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com