Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina: Tutup Kompleks Al-Aqsa, Israel Nyatakan Perang

Kompas.com - 30/10/2014, 23:14 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Kamis (30/10/2014) mengatakan penutupan sebuah tempat suci yang dipersengketakan di Jerusalem sebagai "deklarasi perang".

Penutupan kompleks Masjid Al Aqsa di Jerusalem itu dilakukan di tengah-tengah ketegangan setelah adanya penembakan terhadap seorang aktivis Yahudi.

Perdana Menteri Israel menyerukan semua pihak tetap tenang, sambil mengatakan Abbas bertanggung jawab atas peningkatan ketegangan.

Yehuda Glick, seorang aktivis yang menyerukan agar adanya hak untuk bersembahyang yang lebih besar bagi kaum Yahudi di wilayah Temple Mount atau yang oleh umat Islam disebut Masjid Al Aqsa atau Haram al-Sharif, terluka akibat penembakan tersebut.

Polisi Israel kemudian menggerebek sebuah rumah di wilayah Palestina membunuh seorang pria yang dicurigai menjadi pelaku penembakan Yehuda Glick. Pria Palestina, bernama Moataz Hejazi (32) ditembak setelah terlebih dahulu menembaki polisi Israel yang menyerbu rumahnya.

Rabbi Glick adalah aktivis kelahiran Amerika Serikat yang terkenal karena seruannya agar kaum Yahudi mendapat hak untuk bersembahyang di lokasi itu yang kini dilarang bagi mereka. Lokasi ini merupakan lokasi tersuci dalam agama Yahudi, dan Masjid Al Aqsa juga terdapat di situ.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com