Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuver Pesawat Tempur Rusia di Langit Eropa Meningkat

Kompas.com - 30/10/2014, 16:02 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com — Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rabu (29/10/2014), mengatakan telah melacak empat kelompok pesawat tempur Rusia yang tengah melakukan manuver militer signifikan di wilayah udara Uni Eropa selama dua hari terakhir.

"Manuver pesawat-pesawat Rusia itu menunjukkan sebuah tingkat aktivitas tak lazim di wilayah udara Uni Eropa," demikian pernyataan NATO.

Rombongan pesawat itu, yang termasuk di dalamnya pesawat pengebom strategis, jet tempur, dan pesawat tanker, terdeteksi di atas Laut Baltik, Laut Utara, Samudra Atlantik, dan Laut Hitam.

NATO segera mengirimkan pesawat tempurnya untuk melakukan pencegatan dan mengidentifikasi pesawat-pesawat Rusia yang juga terus dipantau dari darat itu. Demikian laporan dari markas besar militer NATO di Mons, Belgia.

Namun, dalam laporan itu sama sekali tidak disinggung soal krisis Ukraina atau mengaitkan insiden itu dengan krisis di Ukraina.

Sementara itu, intervensi Rusia di Ukraina, yang menurut NATO merupakan ancaman keamanan untuk AS-Eropa sejak Perang Dingin, telah membuat hubungan Rusia dan Eropa memburuk.

Negara-negara Eropa timur anggota NATO, seperti Polandia dan negara-negara Baltik yang dulu berada di bawah kendali Moskwa, sangat khawatir situasi di Ukraina akan berdampak terhadap mereka.

Kondisi ini memaksa AS dan sekutunya menempatkan pasukan dan pesawat tempur tambahan untuk meyakinkan negara-negara tersebut bahwa keamanan mereka akan tetap dijaga.

Sepanjang 2014, NATO mengatakan sudah lebih dari 100 kali mencegat pesawat-pesawat militer Rusia. Jumlah ini tiga kali lebih banyak dibanding 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com