Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Peshmerga Tiba di Perbatasan Turki-Suriah

Kompas.com - 29/10/2014, 16:08 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Kelompok pertama pasukan Peshmerga Kurdi bersenjata berat yang dikerahkan untuk memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Kobani, Suriah sudah tiba di Turki, Rabu (29/10/2014).

Truk-truk militer penuh senjata terlihat meninggalkan kota Irbil, ibu kota Kurdi di wilayah timur laut Irak menuju ke perbatasan Turki-Suriah.

Sekitar 40-an kendaraan tempur membawa 80 personel Peshmerga, senjata mesin dan artilery bergerak melintasi wilayah Turki menuju ke Kobani sejak Selasa (28/10/2014).

Saat memasuki wilayah Turki, iring-iringan kendaraan Peshmerga itu dikawal empat kendaraan tempur Turki, sebuah mobil polisi dan sebuah ambulans. Iring-iringan itu membuat arus lalu lintas di perbatasan Turki-Suriah tersendat.

Beberapa prajurit Peshmerga terlihat duduk di atap kendaraan mereka sambil membawa bendera Kurdi sambil membuat tanda kemenangan denan jari mereka saat menuju ke perbatasan Turki-Suriah.

Di perbatasan, kerumunan warga Kurdi menyambut mereka dengan lagu-lagu tradisional Peshmerga sambil membawa bendera Kurdi dan foto Presiden Kurdi, Massoud Barzani.

Pekan lalu, akibat tekanan AS, pemerintah Turki akhirnya mengizinkan 150 pejuang Kurdi dari Irak melitasi wilayahnya untuk bergabung dengan saudara-saudara mereka yang sedang mempertahankan kota Kobani.

"Mengizinkan Peshmerga melintasi Turki menuju Kobani adalah satu-satunya jalan untuk membantu kota itu, setelah tak ada negara yang mau mengerahkan pasukan darat mereka," kata PM Turki Ahmet Davutoglu seperti dikutip BBC.

Pasukan utama Kurdi yang membertahankan Kobani Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) memiliki ikatan kuat dengan Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang memberontak terhadap pemerintah Turki selama 30 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com