Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Cuti, Marinir Inggris Ingin Bantu Kurdi Perangi ISIS

Kompas.com - 24/10/2014, 16:51 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Seorang anggota marinir Inggris diperiksa kepolisian karena diduga dia pergi untuk memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) bersama milisi Kurdi pada saat masa cutinya.

Prajurit berusia 22 tahun itu adalah anggota Komando Marinir Kerajaan Inggris ditanyai kepolisian AS ketika diketahui hanya memiliki tiket sekali jalan dari California menuju Turki.

Sejumlah pejabat AS mengatakan prajurit yang tidak disebutkan namanya itu diyakini sudah menjalin kontak dengan sebuah kelompok milisi Kurdi di Turki dan kota Irbil, Irak, yang merupakan markas besar pasukan Peshmerga yang kini memerangi ISIS.

Aparat AS mulai menaruh curiga karena pemuda Inggris itu hanya memiliki tiket sekali jalan menuju Turki. Semua barang bawaannya termasuk telepon genggam dan laptop sudah diperiksa.

Setelah diperiksa, prajurit itu diminta kembali ke Inggris dan kini sudah kembali ke pasukannya Komando 45 yang berbasis di Arbroath, Skotlandia.  Dia berada di California karena kesatuannya itu tengah melakukan latihan bersama dengan marinir AS di gurun pasir California.

Baik AS maupun Inggris menggelar operasi untuk melacak orang-orang yang menjalin hubungan baik dengan ISIS maupun milisi Kurdi. Satuan marinir Inggris mengatakan tengah menyelidiki kasus ini dan belum bersedia memberikan komentar terkait masalah tersebut.

Diduga sebanyak 500 orang warga Inggris kini berada di Irak dan Suriah untuk bertempur bersama ISIS. Sementara itu sejumlah kecil warga Inggris juga berada di Irak untuk bergabung dengan pasukan Peshmerga Kurdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com