Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pertahanan Malaysia Yakin MH370 Akan Ditemukan

Kompas.com - 23/10/2014, 16:40 WIB
PERTH, KOMPAS.com  Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan pada Rabu (22/10/2014), negaranya bertekad untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang hilang, saat ia diberi keterangan oleh para pejabat Australia yang memimpin pencarian rumit di dalam Samudra Hindia.

Hishammuddin, yang ada di pelabuhan Fremantle di Australia barat untuk menginspeksi salah satu kapal pencarian, GO Phoenix, mengatakan, para penumpang dan awak pesawat tersebut "tetap ada di dalam benak dan doa kami".

"Kita harus terus berharap karena terkadang hanya harapan yang kita miliki. Kita akan menemukan MH370," ujarnya.

Pesawat penumpang yang membawa 239 orang, sekitar dua pertiganya dari Tiongkok, hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret. Tidak ada tanda-tanda jet Boeing 777 itu telah ditemukan meski pencarian di udara dan laut secara masif telah dilakukan.

Pesawat jet itu diyakini telah jatuh ke Samudra Hindia bagian selatan setelah terbang keluar jalur.

Hishammuddin merupakan penjabat menteri perhubungan ketika pesawat itu hilang dan memimpin pencarian Malaysia untuk jet tersebut sebelum Liow Tiong Lai menggantikannya Juni.

Dalam kunjungannya, ia melihat-lihat GO Phoenix, kapal sewaan Malaysia yang melakukan pencarian di bawah air menggunakan sistem-sistem sonar yang canggih.

GO Phoenix diperkirakan meninggalkan situs pencarian pada Kamis setelah mendapat pasokan ulang di Fremantle.

Kapal sewaan Australia, Fugro Discovery, berangkat dari pelabuhan tersebut minggu lalu dan dijadwalkan tiba di zona pencarian Rabu. Kapal survei Tiongkok, Zhu Kezhen, dan kapal Australia Fugro Equator telah melakukan pemetaan dasar laut sejak Mei sebelum perburuan di bawah laut.

Fugro Equator diperkirakan menyelesaikan pemetaan dasar laut pada Jumat sebelum dilengkapi sistem sonar untuk bergabung dengan upaya pencarian.

"Semua yang dapat dilakukan untuk mencari pesawat telah dilakukan di titik ini. Ini fase berikutnya. Pencarian akan berlanjut," ujar Hishammuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com