Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Kasus Penembakan Paling Tragis di AS dan Kanada

Kompas.com - 23/10/2014, 11:23 WIB
OTTAWA, KOMPAS.com — Mata dunia kini tengah memandang ke Ottawa, Kanada, terkait insiden penembakan di Gedung Parlemen negeri itu yang menewaskan seorang prajurit Kanada dan tersangka penembakan itu.

Berikut beberapa kasus penembakan paling menyedot perhatian yang pernah terjadi di wilayah Amerika Serikat atau Kanada.

1. Moncton, New Brunswick, Kanada

Pada 4 Juni 2014, Justin Bourque, seorang pemuda berusia 24 tahun asal kota Moncton, Kanada, menembak lima orang personel polisi pegunungan Kanada (RCMP), yang mengakibatkan tiga orang polisi tewas.

Akibatnya, Kepolisian Kanada menggelar pengejaran besar-besaran selama 28 jam yang berakhir setelah Bourque ditemukan dan kemudian ditahan. Bourque kemudian disidangkan dengan tiga dakwaan pembunuhan tingkat pertama dan dua dakwaan percobaan pembunuhan.

2. Penembakan SD Sandy Hook

Tragedi yang menyentak dunia ini terjadi pada 14 Desember 2014 ketika Adam Lanza (20) menyerang SD Sandy Hook, Newtown, AS, dan menewaskan 26 orang, 20 di antaranya para siswa kelas satu berusia antara enam hingga tujuh tahun. Enam korban lainnya adalah para guru.

Adam Lanza kemudian bunuh diri dengan salah satu senjata yang dibawanya, tak lama sebelum polisi datang ke lokasi penembakan itu.

3. Aurora, Colorado

Insiden ini terjadi pada 20 Juli 2012 ketika seorang pria mengenakan pakaian lapangan melemparkan gas air mata, lalu menembaki warga kota Aurora yang sedang menyaksikan pemutaran perdana film The Dark Knight Rises.

Tragedi ini mengakibatkan 12 orang tewas dan 70 orang lainnya terluka. Pelaku penembakan James Eagan Holmes ditahan di luar gedung bioskop tak lama setelah beraksi. Ini adalah aksi penembakan paling berdarah di Colorado sejak pembantaian SMA Columbine pada 1999.

4. Fort Hood, Texas

Dalam insiden yang terjadi pada 5 November 2009, Nidal Hasan seorang psikiater angkatan darat tiba-tiba mengamuk dan melepaskan tembakan secara acak. Akibatnya, 13 orang tewas dan belasan lainnya terluka.

Hasan kemudian bisa ditangkap, lalu diadili. Di dalam sidang yang digelar pada 2013, Hasan dinyatakan terbukti melakukan 13 pembunuhan berencana dan 32 dakwaan percobaan pembunuhan berencana. Dia dijatuhi hukuman mati.

5. Columbine, Colorado

Pada 20 April 1999, terjadi aksi penembakan di SMA Columbine, Colorado. Serangan ini direncanakan dengan baik karena pelaku menggunakan berbagai senjata, termasuk bom rakitan yang ditaruh di kantin sekolah.

Pelakunya adalah dua siswa senior, Eric Harris dan Dylan Klebord. Aksi brutal keduanya menewaskan 12 orang siswa dan seorang guru. Selain itu, 21 orang lainnya terluka.

Seusai menjalankan aksinya, kedua pelaku bunuh diri. Meski motif aksi ini tidak diketahui, berdasarkan buku harian pelaku, mereka ingin aksi ini menyaingi pengeboman Oklahoma dan serangan maut lain di AS pada era 1990-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com