Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Sampaikan Dukungan untuk Kanada

Kompas.com - 23/10/2014, 08:15 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Rabu (22/10/2014), menyampaikan rasa dukacita kepada PM Kanada Stephen Harper terkait insiden penembakan di Gedung Parlemen Kanada yang menewaskan seorang personel militer.

Setelah melakukan pembicaraan telepon dengan PM Harper, Obama mengatakan, sejauh ini belum bisa dipastikan apakah insiden itu hanya sebuah aksi individu atau bagian dari sebuah rencana yang lebih besar.

"Sangat jelas, situasi di Kanada begitu tragis," kata Obama kepada wartawan di Ruang Oval, Gedung Putih.

"Hanya dua hari lalu seorang prajurit Kanada juga tewas diserang. Kini seorang pemuda lain tewas. Atas nama rakyat AS, saya menyampaikan rasa dukacita kepada keluarga korban dan seluruh rakyat Kanada," lanjut Obama.

Penembakan itu terjadi ketika PM Harper tengah menjalani rapat bersama para anggota parlemen. Tersangka penyerang menerobos ke dalam Gedung Parlemen dan menembak prajurit yang berjaga di sebuah monumen perang tak jauh dari Gedung Parlemen.

"Saat ini, kami belium memiliki informasi apakah aksi ini merupakan bagian dari jaringan atau rencana yang lebih besar. Kami juga belum tahu apakah aksi ini adalah sebuah aksi individual atau beberapa orang yang memutuskan untuk melakukan serangan itu," ujar Obama.

Namun, Obama meyakini, serangan di Kanada itu terkait dengan upaya yang dilakukan AS serta sekutunya dalam memerangi terorisme. Lebih jauh Obama menjanjikan bahwa AS dan Kanada akan bekerja sama erat untuk memastikan keamanan kedua negara, terutama di perbatasan kedua negara yang sangat panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com