Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blokade di Pusat Kota Ottawa Dibuka, Parlemen Masih Ditutup

Kompas.com - 23/10/2014, 08:01 WIB
OTTAWA, KOMPAS.com - Kepolisian Ottawa, Kanada, Rabu (22/10/2014) malam mengatakan telah membongkar blokade di pusat kota yang diberlakukan setelah seorang tentara dan tersangka penyerang tewas di gedung parlemen.

"Berdasarkan investigasi di pusat kota menunjukkan tak ada lagi ancaman terhadap publik di kawasan tersebut," demikian pernyataan polisi.

"Namun, investigasi kepolisian terus berlanjut di gedung parlemen dan dengan demikian kawasan sekitar gedung parlemen masih ditutup," lanjut polisi.

Sementara itu, media setempat melaporkan tersangka penembakan adalah Michael Zehaf-Bibeau (32) yang oleh intelijen Kanada masuk dalam katagori "petualang berisiko tinggi".

Sejumlah pejabat keamanan Kanada membenarkan kabar media yang menyebut tersangka pelaku penyerangan adalah Michael Zehaf-Bibeau. Paspor tersangka ternyata sudah disita pemerintah Kanada sejak Juli lalu.

Stasiun televisi CTV mengabarkan Zehaf-Bibeau pernah dipenjara selama dua tahun karena terlibat perampokan dan kepemilikan senjata api pada 2003. Dia juga pernah ditahan karena diduga memiliki narkoba.

Pemuda itu tewas ditembak kepolisian Ottawa setelah dia terlebih dahulu menembak seorang tentara yang diidentifikasi bernama Kopral Nathan Cirillo di Monumen Peringatan Perang Kanada sebelum menyerang gedung parlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com