Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oscar Pistorius Dihukum Penjara Lima Tahun

Kompas.com - 21/10/2014, 17:42 WIB
PRETORIA, KOMPAS.com — Atlet olimpiade asal Afrika Selatan, Oscar Pistorius, divonis lima tahun penjara karena membunuh kekasihnya, Reeva Steenkamp, tahun lalu.

Hakim Thokozile Masipa membacakan putusan dengan mengatakan bahwa ia ingin mewujudkan keseimbangan sehingga hukuman adil, tetapi mempertimbangkan belas kasihan.

"Menjatuhkan hukuman adalah mencapai keseimbangan yang tepat. Menjatuhkan hukuman bukan tindakan yang sempurna," kata hakim dalam sidang di Pretoria, Selasa (21/10/2014).

Hakim juga menjatuhkan hukuman percobaan selama tiga tahun atas kepemilikan senjata api.

Atlet lari berkaki palsu tersebut dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan tidak berencana, tetapi dinyatakan tidak bersalah melakukan pembunuhan berencana ketika dia menembak Reeva Steenkamp menembus pintu kamar mandi di rumahnya di Pretoria, tepat pada Hari Valentine tahun lalu.

Dia menegaskan, dia menembak karena mengira ada orang lain yang membobol rumahnya dan kemudian bersembunyi di kamar mandi.

Vonis lima tahun ini lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang meminta Pistorius dihukum 10 tahun penjara.

Pistorius (27) tercatat sebagai pelari berkaki palsu yang menjadi atlet pertama yang terjun baik di olimpiade maupun di arena paralimpiade.

Steenkamp (29) adalah seorang model dan bintang televisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com