Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2014, 15:29 WIB
SEOUL, KOMPAS.com  Pendiri Korea Utara yang dihormati, Kim Il Sung, memerintahkan para dokternya untuk menemukan sebuah cara yang dapat membuat dia bisa hidup hingga usia 100 tahun. Sejumlah perawatan agar dia tetap awet muda pun dilakukan, mulai dari yang aneh hingga yang menyeramkan.

Kim So Yeon, dokter pribadinya selama bertahun-tahun sebelum dia membelot ke Korea Selatan tahun 1992, memimpin penelitian di Longevity Center yang dibentuk untuk mewujudkan permintaan Kim, yaitu bisa hidup lebih lama.

Pusat penelitian itu gagal. Kim Il Sung meninggal pada usia 82 tahun. Namun, usia itu sudah jauh lebih baik karena usia tingkat harapan hidup di negara itu rata-rata hanya 64 tahun.

Kim So Yeon mengatakan, tim dokternya merancang berbagai cara untuk memenuhi permintaan mendiang Kim. "Kami melakukan banyak penelitian," kata dokter Kim. "Namun, kami hanya memberinya perawatan yang telah dia pilih dari daftar pilihan kami."

Salah satu perawatan yang pemimpin itu sukai pada tahun-tahun terakhirnya, kata dokter Kim, adalah transfusi darah. Darah-darah itu berasal dari warga yang berusia 20-an tahun. Mereka yang telah dipilih untuk menyumbangkan darah buat "Presiden Abadi" itu diberi makanan bergizi khusus terlebih dahulu.

"Dia ingin memerintah selama yang dia bisa. Saya pikir dia ingin umur panjang demi kepuasan sendiri," kata dokter Kim.

Kesukaan lain, menurut dokter Kim, adalah menonton anak-anak melakukan hal-hal lucu untuk membuatnya tertawa.

Pusat penelitian itu menyimpulkan, kebahagiaan baik bagi kesehatan. Maka, pemimpin Korea Utara itu dianjurkan untuk lebih banyak tertawa. Kim Il Sung tampak tersenyum dalam banyak foto resmi.

Perbandingan dengan Kim muda

Setelah menyaksikan tekanan dan masalah kesehatan yang dialami Kim, dokter itu mengatakan bahwa Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara saat ini dan merupakan cucu Kim, mungkin menderita masalah yang sama. Kim tua sering dibandingkan dengan cucunya itu, yang penampilan dan sikapnya mirip.

Kim muda muncul di depan umum pekan lalu dengan menggunakan sebuah tongkat setelah lebih dari sebulan tidak tampak. Ketidakmunculannya yang lama itu telah menimbulkan spekulasi soal kondisi kesehatannya. Sebelum ketidakmunculannya itu, Kim terlihat pincang. Sejumlah teori pun muncul bahwa dia menderita sesuatu. Dugaan berkisar dari obesitas hingga encok.

Menurut dokter Kim, pemimpin muda itu mungkin mewarisi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah psikologis dan riwayat obesitas. Dia mengatakan kepada CNN, baik Kim Il Sung maupun Kim Jong Il, yang adalah ayah Kim Jong Un, menderita diabetes, masalah jantung, dan stres. Dokter Kim menduga bahwa masalah kesehatan Kim muda bisa lebih buruk ketimbang ayah dan kakeknya.

Setelah mempelajari sejumlah foto, dia mengatakan, wajah Kim muda sepertinya bengkak karena obat penghilang rasa sakit. Dokter itu juga berspekulasi bahwa Kim muda telah mendapat suntikan hormon untuk membuatnya tampak lebih mirip seperti kakeknya.

"Kim Il Sung masih memiliki reputasi baik karena dia merupakan pendiri negara itu. Jadi untuk menanamkan kepada rakyat bahwa negara itu masih negaranya Kim Il Sung, saya pikir mereka sedang mencoba untuk membuat Kim Jong Un terlihat lebih mirip dia."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com