Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2014, 14:49 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Seorang perempuan yang mengenakan cadar diusir dari sebuah pagelaran opera di Paris setelah para pemain opera "La Traviata" keberatan dan menolak naik ke panggung saat melihat penonton yang mengenakan cadar.

"Seorang penyanyi melihat perempuan ini di barisan depan saat opera akan memasuki babak kedua," kata Direktur Opera Bastille, Jean-Philippe Thiellay.

"Beberapa pemain tak mau melanjutkan pertunjukan dan para penyanyi menolak untuk bernyanyi jika perempuan itu masih menonton," ujar Thiellay.

Thiellay mengatakan, sebenarnya ia tidak suka menyuruh perempuan itu pergi meninggalkan pertunjukan hanya karena dia mengenakan cadar. "Namun, itu adalah peraturan. Perempuan itu harus menghormati peraturan yang ada," ujar Thiellay.

Sejak 2011, sebuah larangan bagi perempuan Muslim mengenakan berbagai jenis jilbab, hijab, atau burka di ruang publik diberlakukan di Perancis.

Para perempuan Muslim yang mengenakan penutup wajah yang tinggal di pinggiran kota besar seperti Paris kerap mendapatkan diskriminasi seperti dijatuhi hukuman denda. Namun, diusir dari sebuah pertunjukan opera baru kali ini terjadi di Perancis.

Sejauh ini, identitas perempuan tersebut tidak diketahui. Diduga perempuan itu berasal dari Timur Tengah dan menyaksikan opera bersama seorang temannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com