Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer AS Jatuhkan Bantuan untuk Milisi Kurdi di Kobani

Kompas.com - 20/10/2014, 14:45 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Militer AS menjatuhkan bantuan berupa senjata, amunisi dan obat-obatan untuk milisi Kurdi yang mempertahankan kota Kobani, Suriah dari serbuan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Ini adalah kali pertama AS menjatuhkan bantuan untuk milisi Kurdi sekaligus menandai meningkatnya upaya Washington untuk mendukung pemberontak Suriah menghadapi ISIS dan rezim Bashar al-Assad.

Milisi Kurdi sudah lebih dari satu bulan mempertahankan Kobani yang berada tepat di seberang perbatasan dengan Turki dari serbuan pasukan ISIS.

Tiga pesawat angkut Hercules C-130 menjatuhkan pasokan bantuan di kota Kobani, termasuk persenjataan berupa senapan ringan yang disediakan pemerintah Kurdi di Irak.

Seorang pejabat senior pemerintahan Barack Obama mengatakan ketiga pesawat angkut itu tidak mendapatkan ancaman tembakan dari darat ke udara. Ketiga pesawat angkut itu bahkan tidak mendapatkan pengawalan jet tempur dan berhasil keluar dari kawasan itu dengan selamat.

Pasokan bantuan itu dimaksudkan agar milisi Kurdi bisa melanjutkan perlawanan menghadapi ISIS yang mencoba merebut kota Kobani yang sangat strategis itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com