Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milisi Kurdi Rebut Bukit Strategis Dekat Kota Kobani

Kompas.com - 14/10/2014, 23:15 WIB
KOBANI, KOMPAS.com - Milisi Kurdi yang mempertahankan kota Kobani dari serbuan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan berhasil merebut kembali sebuah bukit strategis di sebelah barat kota yang berada dekat dengan perbatasan Turki tersebut, Selasa (14/10/2014).

Keberhasilan ini diperoleh tak lepas dari bantuan serangkaian serangan udara yang digelar pasukan koalisi pimpinan AS.

Bukit bernama Tall Shair itu direbut ISIS 10 hari lalu sebagai bagian dari upaya mereka merebut kota Kobani yang sudah dikepung selama hampir satu bulan.

Kabar soal direbutnya bukit Tall Shar itu dikutip BBC dari sejumlah sumber Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG). Bukit strategis itu terletak 4 kilometer di sebelah barat kota dan berada tak jauh dari perbatasan SUriah-Turki.

Pertempuran Kobani, sebuah kota dengan mayoritas penduduknya adalah etnis Kurdi, dilihat sebagai ujian bagi serangan udara koalisi yang diharapkan mampu memukul mundur ISIS dari kota Kobani.

Selama dua pekan serangan udara di dalam dan sekitar Kobani telah memungkinkan pasukan Kurdi menahan laju serangan ISIS. Namun, para pemimpin Turki dan Barat memperingatkan kemungkinan kota itu jatuh ke tangan ISIS masih sangat besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com