Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Tangkap Tiga Orang Lagi dalam Penyelidikan Terorisme

Kompas.com - 14/10/2014, 08:35 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Polisi Inggris, Senin (13/10/2014), menangkap tiga pria di pusat kota London atas dugaan terlibat terorisme, menyusul serangkaian penangkapan pada pekan lalu. Ketiga orang itu, yang berusia 21, 24, dan 25 tahun, menurut polisi, ditangkap dalam sebuah "penyelidikan terkait komisi, persiapan, atau hasutan tindakan terorisme".

Lima orang lainnya telah ditangkap pada pekan lalu setelah polisi mengatakan bahwa mereka telah mencegah sebuah "rencana yang signifikan." Dua dari mereka kemudian dibebaskan.

Media Inggris menggambarkan salah seorang pria yang ditangkap pada pekan lalu sebagai mahasiswa kedokteran yang telah melakukan perjalanan ke Suriah.

Menurut polisi, sebuah tempat usaha di London barat dan empat rumah di London barat laut digeledah dalam penyelidikan terbaru itu.

Pemerintah Inggris memperkirakan, sekitar 500 warga Inggris telah bergabung dengan kelompok militan ISIS di Suriah dan Irak. Pemerintah Inggris juga menyatakan kekhawatiran bahwa kaum militan tersebut bisa kembali setelah menjadi radikal, dan menyebabkan masalah di negara mereka.

Sejumlah pejabat mengatakan, 103 orang telah ditangkap pada tahun ini setelah kembali dari Suriah. Sebanyak lima orang di antaranya telah dihukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com