Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Ubaidah, Bocah 10 Tahun Anggota ISIS

Kompas.com - 10/10/2014, 09:28 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia 10 tahun yang diklaim Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebagai jihadis termuda yang tewas akibat serangan udara AS di Suriah.

Sejumlah foto Abu Ubaidah yang sedang tersenyum sambil memegang senapan mesin dan mengenakan pakaian loreng militer disebarkan para pendukung ISIS di media sosial pekan ini.

ISIS juga mengklaim bahwa ayah Ubaidah, Baghdadi, juga tewas bersama putranya dalam serangan udara AS dua pekan lalu. Salah satu foto yang disebar menampilkan Baghdadi dan putranya itu berpose bersama.

Foto-foto itu disebarkan lewat akun Islamic State Times di Twitter namun sejauh ini belum dapat diverifikasi secara independen.

Pada September lalu sebuah video yang berisi kabar kematian Ubaidan dan ayahnya dirilis kelompok media pro-ISIS, Al-A'maq ke YouTube. Meski YouTube kemudian mencabut video itu namun foto kedua orang itu terus disebarkan di kalangan pendukung ISIS.

Sesaat sebelum kematiannya, Ubaidah masih difoto di dalam sebuah rumah memegang sebuah senjata otomatis yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya.

Namun, ukuran senjata itu nampaknya tidak merepotkan Ubaidah. Dia bisa memegang senjata itu dengan mantap dan masih bisa melempar senyum ke kamera.

Kabar tewasnya Ubaidah ini nampaknya mendukung laporan PBB belum lama ini yang menyatakan ISIS melakukan sejumlah pelanggaran HAM termasuk menggunakan anak-anak sebagai tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com