Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Siswa Tiongkok Cemerlang di Sekolah?

Kompas.com - 09/10/2014, 15:29 WIB
KOMPAS.com — Lembaga survei pendidikan menilai prestasi sejumlah murid dari Tiongkok dan negara Asia Timur lainnya cenderung tinggi dan mendominasi sejumlah peringkat internasional dalam dunia pendidikan.

Institut Pendidikan di London meneliti sejumlah nilai pelajaran Matematika dari 14.000 remaja di Australia dalam tes yang disebut PISA. Hasilnya menunjukkan, anak-anak yang berasal dari keluarga Asia Timur, sebagian besar Tiongkok, jauh lebih berprestasi daripada mereka yang berasal dari keluarga di Australia atau pendatang lainnya, seperti Inggris.

Prestasi sejumlah murid yang berasal dari Tiongkok ini cukup diperhitungkan di Australia dan hanya dikalahkan oleh murid-murid yang berasal dari Shanghai.

Sejumlah keluarga di Asia Timur, seperti Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang, tampaknya sukses memasukkan anak-anak mereka ke sekolah yang bagus, dan ini menjadi faktor terbesar.

Berbeda dengan rekan-rekan mereka dari keluarga Australia, para murid dari Asia Timur memiliki tambahan belajar selama enam jam di rumah setiap minggu.

"Mereka memiliki etos kerja yang sangat kuat dan percaya bahwa mereka bisa berhasil jika berusaha cukup keras," kata sebuah penelitian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com