Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negeri Kecil Pasifik Cetak Uang Koin Bergambar Tokoh Disney

Kompas.com - 09/10/2014, 14:14 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com - Koin mainan Mickey Mouse mungkin tidak bernilai apa-apa bagi kebanyakan orang. Namun di sebuah negara pulau bernama Niue di Pasifik, karakter Disney itu resmi menjadi alat pembayaran yang sah berupa koin setara dengan nilai 2 dolar atau Rp 20.000.

Dengan mencetak mata uang koin berkarakter Disney sebagai alat pembayaran yang sah, negara kecil yang terletak 4.000 km di sebelah timur Sydney tersebut ingin menarik kunjungan wisatawan.

"Kami belum yakin apakah ini bisa menarik kunjungan para kolektor karakter Disney itu ke negara kami ini," kata Menteri Utama Niue, Toke Tolagi kepada ABC, Kamis (9/10/2014).

"Namun saya yakin, mereka pada akhirnya akan tahu bahwa ternyata ada negara kecil bernama Niue, dan mungkin akhirnya tertarik datang kemari," tambahnya.

Pencetakan koin ini dilakukan dengan kerjasama Selandia Baru, yang diperkirakan bernilai 6 juta dolar Selandia Baru selama 10 tahun.

Seri mata uang koin perak dan emas ini antara lain menampilkan karakter Disney paling populer yang bernilai 2 dolar di salah satu sisi koin. Di sisi lainnya tercetak gambar Ratu Elizabeth dari Inggris.

Toke Tolagi menjelaskan, uang koin ini akan dilepas ke masyarakat hingga dua tahun mendatang.

Niue adalah sebuah negeri pulau di Pasifik selatan. Negeri ini hanya memiliki wilayah seluas 260 kilometer persegi dengan penduduk kurang lebih 1.600 jiwa.

Pulau kecil ini merupakan negeri berdaulat dengan status "asosiasi bebas" dengan Selandia Baru sejak 1974. Status itu berarti Negeri kecil ini menggantungkan urusan luar negeri dan pertahanan kepada Selandia Baru, hanya jika diminta oleh pemerintah

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com