Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perempuan Barat Bergabung dengan ISIS?

Kompas.com - 08/10/2014, 16:46 WIB
Oleh: Dr Katherine Brown*

KOMPAS.com — Sebanyak 50 sampai 60 perempuan Inggris diduga bertolak ke Suriah melalui Turki untuk bergabung dengan kelompok militan ekstremis yang menamakan dirinya Negara Islam atau ISIS. Pada saat tiba di sana, mereka bergabung dengan perempuan lain yang datang dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Austria, Perancis, Belanda, Kanada, Norwegia, dan Swedia.

Mengapa para perempuan dari negara-negara Barat ini mau bergabung dengan ISIS?

Banyak dari kisah para perempuan ini tersedia di media sosial, di Twitter, Tumblr, LinkedIn, dan Ask.fm.

Dari cerita-cerita ini, jelas terlihat bahwa pengaruh jejaring sosial sangatlah besar. Jaringan media sosial bukan hanya memberikan nasihat, dukungan, dan bantuan untuk melakukan perjalanan, melainkan juga merupakan sumber propaganda bagi ISIS, dengan menampilkan gagasan mengenai betapa idealnya kehidupan Islamis dan jihad.

Gabung dengan suami

Pada awalnya, sejumlah perempuan bertolak ke Suriah untuk bergabung dengan suami mereka yang memang sudah bertempur untuk ISIS.

Khadijah Dare misalnya. Perempuan usia 22 tahun dari daerah selatan London, yang dikenal karena kicauannya di Twitter bahwa dia ingin menjadi perempuan pertama yang membunuh sandera Barat, pergi ke Suriah setelah mengatur rencana untuk menikahi petempur ISIS asal Swedia, Abu Bakr.

Dalam kasus seperti ini, keluarga menjadi fasilitator penting bagi keberangkatan mereka.

Dalam kasus lainnya, jejaring online "memfasilitasi" perjalanan mereka dan "membantu" mengoordinasikan mereka dengan komunitas pendatang asing, begitu mereka tiba di tempat tujuan.

Perjalanan internasional mudah diakses dan punya biaya yang terjangkau sehingga memudahkan perencanaan secara online ini.

Pengantin jihad

Gagasan tentang "pengantin jihad" yang berangkat ke Suriah untuk menikahi petempur ISIS memang kini sedang ramai disorot di media Barat.

Beberapa keluarga di Perancis, yang memiliki anak perempuan yang pergi ke Suriah, menerima telepon dari para pria Suriah yang meminta izin menikahi putri mereka. Sebaliknya, akun online dari para pria anggota ISIS kelihatannya juga dibombardir permintaan para wanita yang ingin menjadi istri mereka.

Mia Bloom dari Pusat Studi Terorisme dan Keamanan di Universitas Massachusetts Lowell berargumentasi bahwa perempuan dipandang hanya sebagai "pabrik bayi" dengan tujuan mengisi jumlah penduduk negara Islam yang "murni" dan baru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com