Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Warga Inggris Eks ISIS Telantar di Turki

Kompas.com - 07/10/2014, 20:47 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Sebanyak 100 orang warga Inggris yang kabur dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini telantar di Turki karena mereka takut kembali pulang ke Inggris. Demikian dikabarkan harian Sunday Times mengutip sejumlah pejabat.

"Kami yakin ada sekitar 100 warga Inggris yang telantar di Turki sebelum mereka pergi ke Pakistan, Banglades atau Aljazair, negara-negara asal orangtua mereka dan tempat keluarga mereka akan memberikan bantuan," kata seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri Inggris.

"Pilihan bagi para mantan jihadis ini sangat terbatas. Mereka tak mau kembali ke Suriah karena mereka akan dibunuh karena disersi dan mereka juga tak bisa kembali ke Inggris karena takut dipenjara," tambah pejabat itu.

Harian itu menambahkan, beberapa warga Inggris itu diyakini kabur dari kota-kota yang diduduki ISIS seperti Aleppo dan Raqqa. Mereka kebanyakan menjadi frustrasi dengan pertempuran antarkelompok pemberontak ketimbang memerangi rezim Bashar al-Assad.

Lebih jauh surat kabar itu menambahkan di tengah berbagai laporan sejumlah warga Inggris ingin pulang setelah bertempur di Suriah, ke-100 orang ini adalah bukti pertama para jihadis yang meletakkan senjata dan memilih mencari perlindungan ke kampung halaman orangtua mereka.

Sekitar 500 warga Inggris diyakini berada di Suriah bertempur bersama ISIS. Sebanyak 300 orang telah kembali pulang setelah menjalani pertempuran dalam waktu yang tak terlalu lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com