Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Korut: Kim Jong Un Baik-baik Saja

Kompas.com - 05/10/2014, 08:36 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com - Seorang pejabat senior Korea Utara mengatakan pemimpin negeri itu Kim Jong Un dalam kondisi sehat. Demikian disampaikan seorang pejabat Korea Utara itu saat mengunjungi Korea Selatan.

"Tak ada yang salah dengan kesehatan Sekretaris Kim (Jong Un)," kata Menteri Unifikasi Korea Selatan Ryoo Kihl-jae, dalam sebuah wawancara televisi, Minggu (5/10/2014), menirukan pernyataan Kim Yang Gon.

Kim Yang Gon, yang merupakan kepala departemen urusan Korea Selatan, berkunjung ke kota Incheon, Sabtu (4/10/2014) untuk menghadiri penutupan pesta olahraga Asian Games.

Delegasi yang dipimpin orang nomor dua Korea Utara Hwang Pyong So itu terbang kembali ke Korea Utara pada Sabtu malam setelah menjalani serangkaian pertemuan dengan sejumlah menteri Korea Selatan.

Dalam serangkaian pembicaraan itu, Hwang Pyong So menyampaikan salam hangat untuk Presiden Park Geun-hye dari Kim Jong Un. Namun, tidak ada pesan khusus dari pemimpin Korea Utara itu.

Kim Jong Un tidak muncul di berbagai acara publik sejak sebulan lalu yang memicu rumor terkait kesehatannya yang memburuk hingga isu kudeta.

Sembilan hari lalu, pemerintah Korea Utara membuat sebuah pengakuan langka yang menyebut Kim Jong Un dalam kondisi yang tidak nyaman.

Cuplikan gambar terbaru di stasiun televisi pemerintah memperlihatkan Kim yang nampak kelebihan berat badan dan berjalan terpiincang-pincang. Sejumlah analis menduga Kim menderita asam urat.

Spekulasi terkait keberadaan Kim Jong Un semakin memanas setelah pria yang diduga berusia 31 tahun itu tak menghadiri sidang parlemen Korea Utara pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com