Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Milik Ryanair dan Jet2 Nyaris Tabrakan di Spanyol

Kompas.com - 05/10/2014, 08:08 WIB
MADRID, KOMPAS.com - Pesawat milik maskapai penerbangan Ryanair dan maskapai Jet2 yang membawa ratusan wisatawan Inggris nyaris bertabrakan di Bandara Malaga, Spanyol. Demikian disampaikan otorita Spanyol pada Jumat (3/10/2014).

Otoritas penerbangan setempat mengatakan Boeing 737-800 milik Ryanair dari Leeds terpaksa membatalkan penerbangan di saat-saat terakhir setelah pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Jet2 tujuan Glasgow masih berada di landas pacu yang sama.

Komisi Investigasi Insiden dan Kecelakaan Penerbangan Sipil Spanyol (CIAIAC) telah menggelar penyelidikan terkait insiden yang terjadi pada 17 September lalu itu. Kedua pesawat yang nyaris naas itu membawa total 363 orang penumpang dan kru.

Berdasarkan laporan awal, kedua pesawat Boeing 737-800 itu mengalami apa yang dinamakan "kehilangan pemisah" pada pukul 13.20 waktu setempat, ketika jet milik Ryanair siap mendarat sedangkan Jet2 baru bersiap tinggal landas.

Laporan itu mengatakan, pitol Ryanair terpaksa mengambil langkah darurat ketika pesawatnya nyaris mendarat di landas pacu, saat Jet2 baru lepas landas.

Berdasarka data radar, pesawat Ryanair yang membawa 167 penumpang dan enam orang kru itu terbang di atas Jet2 dengan jarak vertikal hanya antara 120-150 meter saja. Demikian disampaikan majalah Aviation Herald.

Insiden itu terjadi di daerah wisata Spanyol di Laut Tengah tersebut dua pekan lalu namun baru dipublikasikan pada Jumat (3/10/2014), saat otorita penerbangan sipil Spanyol mempublikasikan hasil penyelidikan awalnya.

Juru bicara Ryanair membantah terjadi insiden nyaris tabrakan yang melibatkan salah satu pesawatnya di Spanyol. Juru bicara itu mengatakan pesawat tersebut hanya melakukan perputaran rutin sebelum melakukan pendaratan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com