Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Myanmar Dituduh Membunuh 2 Turis Inggris di Thailand

Kompas.com - 03/10/2014, 16:05 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Kepolisian Thailand, Jumat (3/10/2014), menjerat dua pria asal Myanmar dengan tuduhan pembunuhan dan pemerkosaan setelah dua orang turis Inggris ditemukan tewas di sebuah pulau wisata di wilayah selatan negeri itu.

Polisi mengatakan, kedua pekerja migran gelap itu sudah mengaku membunuh David Miller (24) dan Hannah Witheridge (23), yang jasadnya ditemukan dalam kondisi mengenaskan di Koh Tao pada 15 September lalu.

Kedua pria itu dijerat tuduhan membunuh kedua warga Inggris tersebut serta memerkosa Hannah. Polisi mengatakan, sampel DNA kedua pria itu cocok dengan sampel yang diambil dari jasad korban.

"Kedua warga Myanmar itu dijerat tuduhan pembunuhan, pemerkosaan, dan pencurian," Kepala Pulau Koh Pangan, Prachum Ruanghthong.

Sebelumnya, polisi mengatakan, kedua warga Myanmar yang terancam hukuman mati atas perbuatannya itu telah mengakui menjadi pelaku pembunuhan kedua turis Inggris tersebut.

"Dua tersangka warga Myanmar itu sudah mengakui membunuh pasangan turis tersebut. Hasil tes DNA memastikan DNA mereka sama dengan yang ditemukan di tubuh korban perempuan," kata Kepala Kepolisian Nasional Thailand, Somyot Poompanmoung.

Hasil ini merupakan buah dari penyidikan intensif yang dilakukan aparat kepolisian Thailand, yang dituduh media Inggris sangat ceroboh dalam melakukan penyelidikan kasus itu.

Awalnya polisi menangkap tiga warga Myanmar terkait pembunuhan itu. Namun, tersangka ketika kemudian dibebaskan dan kini dalam perlindungan polisi di Koh Tao.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com