Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan Boko Haram: Saya Masih Hidup!

Kompas.com - 02/10/2014, 21:49 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Lewat sebuah video yang baru dirilis, pemimpin kelompok militan Boko Haram Abubakar Shekau, Kamis (2/10/2014), membantah klaim militer Nigeria yang menyatakan telah berhasil menewaskannya.

"Saya masih hidup. Saya hanya akan mati jika Allah mencabut nafas saya," kata Shekau sambil menambahkan Boko Haram tengah membangun kekalifahan Islam dan menerapkan hukum Syariah di wilayah yang dikuasainya.

Dalam video berdurasi 36 menit itu, Shekau tampil dalam busana militer dan mengenakan sepatu bot hitam. Dia berdiri di bak sebuah mobil pick-up sembari menembakkan sebuah senjata anti-pesawat terbang ke udara.

Dalam video itu Boko Haram juga memperlihatkan sejumlah adegan hukuman potong tangan, rajam dan pancung di wilayah-wilayah yang dikuasainya.

Video itu juga menampilkan puing-puing sebuah jet milik Angkatan Udara Nigeria yang hilang di wilayah timur laut negeri itu pada 11 September lalu. Boko Haram mengklaim para pejuangnya berhasil menembak jatuh jet itu namun militer membantah klaim tersebut.

Pekan lalu, militer Nigeria mengumumkan Abubakar Shekau telah tewas dalam sebuah pertempuran dengan pasukan pemerintah di wilayah timur jauh. Saat itu para analis keamanan dan pemerintah AS meragukan klaim militer Nigeria tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com