Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ekor Singa Milik Kebun Binatang Gaza Dikirim ke Jordania

Kompas.com - 01/10/2014, 23:01 WIB
AMMAN, KOMPAS.com - Tiga ekor singa yang awalnya milik sebuah kebun binatang di Jalur Gaza pada Selasa (30/9/2014), memulai perjalanan mereka menuju kehidupan yang lebih baik di Jordania setelah kebun binatang tempat mereka hidup selama ini hancur dalam perang Israel-Hamas yang baru saja berakhir.

Ketiga singa itu, dua jantan dan seekor betina yang sedang hamil, dibius terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke kandang besi dan dinaikkan ke atas truk yang akan membawa mereka ke Jordania melewati pintu perbatasan Erez, Israel.

Amir Khali dari organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws mengatakan selain ketiga ekor singa itu hewan-hewan lain di kebun binatang Gaza juga harus diperhatikan usai perang 50 hari itu.

Kebun binatang Gaza rusak parah akibat perang dan lebih dari 80 ekor hewan koleksi kebun binatang tewas sebagai akibat perang.

Sebagian besar hewan di kebun binatang Gaza diselundupkan ke dalam wilayah yang terisolasi itu lewat terowongan penyelundupan dari Mesir.

Dalam satu momen yang terekam kamera, warga Gaza menggunakan derek untuk mengangkat seekor unta untuk melintasi pagar yang membatasi wilayah Gaza.

Tahun lalu, sepasang anak singa mati tak lama setelah dilahirkan dan dipamerkan oleh para penguasa Hamas.

Kebun binatang utama Hamas pernah menjadi sebuah ruang pamer taksidermi -seni mengawetkan hewan- agar tetap bisa memamerkan hewan koleksi yang mati. Bahkan mereka mengecat sejumlah keledai dengan warna hitam putih agar terlihat seperti zebra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com