Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Rilis Foto Serangan Udara ke Posisi ISIS

Kompas.com - 01/10/2014, 16:54 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris merilis foto-foto serangan udara yang digelarnya terhadap sejumlah posisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Irak pada Selasa (30/9/2014).

"Jet-jet Tornado GR4 milik AU Inggris telah beraksi dalam memerangi ISIS. Serangan ini merupakan bagian dari operasi koalisi internasional untuk mendukung pemerintah Irak yang demokratis," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

Serangan udara itu digelar "bersamaan dengan misi pengintaian udara" di mana dua jet Tornado ditugaskan untuk membantu pasukan Kurdi yang diserang militan ISIS.

"Dari pemeriksaan awal menunjukkan kedua serangan presisi itu berakhir dengan sukses," tambah Kementerian Pertahanan Inggris.

Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan, menghentikan gerak maju ISIS dan membantu serangan balik pemerintah Irak serta membantu pasukan Kurdi merupakan tugas berat dan akan menjadi sebuah operasi yang panjang.

"Namun AU Inggris (RAF) sudah melakukan operasi siang dan malam sejak parlemen memberikan izin Jumat pekan lalu. RAF sudah menjalankan misi-misi penting, mengumpulkan intelijen, menyerang ISIS, memukul mundur ISIS dari beberapa desa termasuk memberi bantuan saat diperintahkan," kata Fallon.

Meski akhirnya terlibat dalam operasi serangan udara, pemerintah Inggris memastikan tidak akan mengirimkan pasukan darat ke Irak atau Suriah tanpa persetujuan lebih lanjut parlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com