Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Abbott Berharap Burka Tak Dikenakan di Australia

Kompas.com - 01/10/2014, 16:10 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, Rabu (1/10/2014) berharap, burka "tak dipakai" di Australia. Selain itu Abbot nampaknya mendukung desakan untuk melarang pengunjung Gedung Parlemen mengenakan pakaian yang nyaris menutupo seluruh wajah itu.

Anggota Koalisi yakni Senator Cory Bernardi dan George Christensen mengatakan, mereka percaya bahwa burka seharusnya dilepas pada saat pemeriksaan di pos sekuriti, sebelum masuk ke Gedung Parlemen.

Ketua DPR Australia Bronwyn Bishop, dan Ketua Senat Stephen Parry, tengah meminta masukan dari sejumlah badan keamanan namun belum menetapkan suatu keputusan apapun.

PM Abbott mengatakan, Gedung Parlemen harus diperlakukan sebagai sebuah bangunan yang aman.

“Sungguh pantas jika dalam beberapa kondisi tertentu, warga diminta untuk menunjukkan wajah mereka. Tak mungkin ada satu aturan yang diperuntukkan untuk satu bentuk pakaian dan aturan yang berbeda untuk bentuk pakaian lainnya. Harus ada aturan yang sama bagi semua orang dan jika aturannya meminta anda untuk menunjukkan wajah, maka Anda harus menunjukkan wajah anda,” Abbott menjelaskan.

Meski demikian, Abbot meminta agar isu ini tak dibesar-besarkan.

“Apakah ada yang berusaha masuk ke gedung ini dengan berpakaian burka? Sejauh yang saya tahu, tidak ada. Tapi saya hanya ingin menekankan bahwa ini adalah bangunan yang aman dan seharusnya diatur dengan peraturan yang pantas bagi sebuah bangunan aman dan pastinya orang-orang harus diidentifikasi dalam bangunan aman seperti ini,” tambah PM Abbott.

Sementara itu, Jaksa Agung George Brandis mengatakan, ‘bukan urusannya’ jika warga mengenakan burka tapi ia menambahkan bahwa ada kalanya burka harus dilepas dalam situasi tertentu.

“Ada beberapa kondisi khusus di mana orang-orang seharusnya diminta untuk mengungkap identitas mereka dan aturan itu seharusnya diterapkan secara rata pada semua orang tanpa memandang pakaian apa yang dikenakan, yang kemungkinan menyembunyikan identitas mereka,” ujarnya kepada Dewan Pers Nasional Australia.

Meski demikian, desakan yang meluas bagi pelarangan pemakaian burka di ruang publik, yang digagas Senator Jacqui Lambie dan didukung Senator Cory dan George, kelihatannya tak akan mendapat dukungan dari perdana menteri.

“Saya sudah katakan bahwa menurut saya itu adalah sebuah bentuk pakaian yang cukup konfrontatif. Jujur saja, saya berharap itu tak dipakai. Tapi Australia adalah negara bebas, kita adalah masyarakat bebas dan bukan urusan pemerintah untuk memberi tahu warganya pakaian apa yang seharusnya dan tidak seharusnya mereka kenakan,” tutur Tony Abbott.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com