Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bom Bunuh Diri Hantam Bus Tentara Afganistan

Kompas.com - 01/10/2014, 16:04 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Sehari setelah Afganistan dan AS menandatangani pakta kerja sama keamanan, kelompok Taliban langsung beraksi. Pada Rabu (1/10/2014), dua aksi bom bunuh diri mengguncang ibu kota Kabul dengan target bus-bus yang mengangkut para prajurit Afganistan.

Serangan bom pertama menghantam sebuah bus tentara yang mengangkut para perwira AD Afganistan di wilayah barat Kabul menewaskan tujuh orang dan melukai 15 orang.

Penyerang kedua yang juga berjalan kaki, meledakkan diri di depan sebuah bus di wilayah timurlaut Kabul, melukai enam orang prajurit Afganistan. Demikian komandan divisi investigasi kepolisian Kabul Mohammad Farid Afzali.

Sementara itu, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid menyatakan kelompok itu bertanggung jawab atas aksi bom kembar tersebut. Dia menambahkan pakta keamanan AS-Afganistan justru semakin memicu Taliban untuk memerangi musuh.

"Mereka harus berkorban demi memerdekakan tanah air mereka," kata Mujahid mengacu pada para pejuang Taliban.

Sesuai pakta kerja sama keamanan AS-Afganistan yang baru saja diteken sebanyak 10.000 personel militer AS dan beberapa ribu personel dari sejumlah negara NATO akan tinggal di Afganistan untuk melatih militer negeri itu setelah misi internasional berakhir pada 31 Desember 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com