Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2014, 22:39 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat kini menjadi pemimpin koalisi puluhan negara untuk menggempur Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Irak dan Suriah.

Sudah ratusan mungkin bahkan ratusan misi serangan udara digelar jet-jet tempur AS ke wilayah utara Irak dan Suriah. Pertanyaannya adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan AS untuk perang ini?

Menurut perkiraan terbaru, hingga Senin (29/9/2014), AS sudah merogoh koceknya hingga 780 juta dolar atau lebih dari Rp 9,5 triliun untuk membiayai serangan udara yang dilakukan drone dan jet-jet tempur canggihnya.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengatakan dalam sehari AS harus mengeluarkan biaya 10 juta dolar atau sekitar Rp 121 miliar. Pemerintah, lanjut Hagel, nampaknya akan meminta Kongres untuk mengucurkan lebih banyak dana untuk membiayai perang yang tidak diketahui kapan akan berakhir.

Pada Agustus lalu, sebelum AS melebarkan operasi serangan udaranya ke Suriah, Pentagon memperkirakan biaya perang adalah 7,5 juta dolar atau sekitar Rp 91 miliar sehari. Ternyata perkiraan itu meleset.

Pusat Perhitungan Anggaran dan Strategi (CSBA), sebuah lembaga peneliti yang sangat berpengaruh terhadap Pentagon, sebelumnya memperkirakan perang udara ini sudah memakan biaya antara 780 juta hingga 930 juta dolar antara 8 Agustus hingga 24 September.

Jika AS mengerahkan pasukan darat sebanyak 25.000 orang maka biaya tahunan militer akan membengkak menjadi 13 miliar hingga 22 miliar dolar AS. Sementara itu, kampanye serangan udara dengan tempo tinggi ditambah pengerahan 5.000 personel pasukan darat akan membutuhkan biaya antara 350-570 juta dolar sebulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com