Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lama Tertunda, AS-Afganistan Teken Kesepakatan Keamanan

Kompas.com - 30/09/2014, 22:11 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Pemerintah baru Afganistan, Selasa (30/9/2014), menandatangani kesepakatan keamanan dengan Amerika Serikat yang memungkinkan pasukan AS tetap di negara tersebut melebihi tahun 2014.

Kesepakatan pertahanan ini ditandatangani penasihat keamanan nasional Afganistan yang baru saja ditunjuk, Hanif Atmar.

Presiden sebelumnya, Hamid Karzai, menolak menandatangani kesepakatan keamanan bilateral (BSA) dengan AS sehingga membuat hubungan kedua negara sempat tegang dan meningkatkan kekhawatiran keamanan.

Sebagian besar pasukan NATO akan ditarik pada tahun ini sehingga hanya menyisakan 9.800 personel pasukan AS di Afganistan.

Jumlah keseluruhan pasukan dalam misi pimpinan AS pada permulaan tahun depan menjadi sekitar 12.500 orang karena, selain AS, terdapat juga sekutu mereka, seperti dari Jerman dan Italia.

Duta Besar AS untuk Kabul, Jim Cunningham, menandatangani kesepakatan yang cukup lama tertunda untuk mewakili pemerintah Washington.

BSA mengizinkan sejumlah pasukan khusus asing tetap berada di Afganistan untuk melakukan "operasi mengatasi terorisme", di samping mendukung dan melatih pasukan Afganistan.

Berdasarkan kesepakatan terpisah NATO yang juga ditandatangani pada hari yang sama, sejumlah negara, yang dipimpin Jerman, Turki, dan Italia, akan menyumbangkan sekitar 3.000 personel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com