Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Kurdi Serang ISIS di Tiga Kota

Kompas.com - 30/09/2014, 18:34 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Peshmerga Kurdi menggelar serangan terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di tiga garis depan di wilayah utara Irak. Demikian seorang perwira senior Peshmerga, Selasa (30/9/2014), seperti dikutip AFP.

Pasukan Peshmerga menggelar serangan sebelum fajar ke sebuah kota di perbatasan Suriah, kota Mosul dan kota minyak di wilayah selatan, Kirkuk.

Seorang sumber senior di pasukan Peshmerga mengatakan pasukannya sudah memasuki kota Rabia di perbatasan Suriah, setelah menguasai desa As-Saudiyah dan Mahmudiyah.

"Pasukan darat kini bertempur di pusat kota Rabia," kata perwira itu merujuk kota yang berjarak 100 kilometer dari Mosul tersebut.

Perwira itu menambahkan, pasukan Peshmerga yang didukung tembakan artileri dan pesawat tempur juga menyerang kota Zumar yang terletak sekitar 60 kilometer dari Mosul, dekat pusat penampungan air untuk dam terbesar Irak.

Namun perwira yang tak mau disebutkan namanya itu tidak menjelaskan secara rinci soal dukungan udara yang diterima pasukan Peshmerga di Zumar.

Baik kota Rabia maupun Zumar ada dalam wilayah yang direbut kembali pasukan Peshmerga menyusul jatuhnya Mosul ke tangan ISIS pada awal Juni lalu.

Sementara di wilayah selatan, Peshmerga merebut kembali sejumlah desa di sekitar kota Daquq yang berada di tangan ISIS sejak 10 Juni lalu. Peshmerga merebutu kota ini juga dengan dukungan udara.

"Mereka sudah membebaskan desa Saad dan Khaled. Pasukan Peshmerga kini mengendalikan wilayah itu setelah melewati pertempuran sengit," kata Jenderal Westa Rasul.

Jenderal Rasul mengatakan pasukan Peshmerga kini bergerak maju ke desa Al-Wahda yang terletak 30 kilometer dari Kirkuk namun mendapatkan perlawanan sengit dari ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com