Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Cincin Pernikahan, Pria Ini Rela 18 Bulan Mendulang Emas

Kompas.com - 30/09/2014, 16:49 WIB
EDINBURGH, KOMPAS.com - John Greenwood nampaknya memiliki cara khusus untuk menunjukkan cinta dan kesungguhannya untuk sang kekasih. Pria berusia 48 tahun itu menghabiskan 18 bulan di pegunungan Skotlandia untuk mendulang emas yang akan dijadikan bahan pembuat cincin pernikahannya.

Di pegunungan Skotlandia yang terpencil itu, John mengumpulkan serpihan-serpihan emas hingga dia memiliki cukup banyak emas untuk dibuat sepasang cincin pernikahan bagi dirinya dan sang kekasih Morag Shearer.

Dan pekan lalu, pasangan ini bertukar cincin dalam sebuah pernikahan indah di kepulauan Antigua, Karibia. "Ini adalah bukti cinta. Saya mengalami perasaan yang begitu hebat saat memasangkan cincin itu ke jarinya," kata John.

"Mereka berbicara soal demam emas. Saya mendulang emas di dalam benak saya. Saya didorong mimpi itu. Saya berharap hanya butuh 20 hari untuk mendapatkan cukup banyak emas," ujar John.

Namun, kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan John. Hanya berbekal peralatan sederhana ternyata John harus menghabiskan 18 bulan demi cincin pernikahan idamannya.

"Cincin yang berasal dari emas alami Skotlandia itu memiliki kadar 22 karat dan nilainya di pasar cukup tinggi karena emas Skotlandia sangat langka," kata pria berprofesi sebagai ahli bahan peledak itu.

Dua tahun lalu, John memberi kejutan untuk tunangannya Morag (42), seorang fisioterapis, dengan cincin pertunangan yang juga didulang sendiri oleh John. Dan Morag semakin senang dengan cincin pernikahannya.

"Saya sangat bangga dengan John dan saya merasa sangat beruntung. Cincin ini sangat unik dan spesial," ujar Morag.

Sejumlah pakar emas mengatakan John memiliki "sentuhan Midas", sebab hanya dalam beberapa bulan dia sudah mengumpulkan 34 gram emas. Sebab, biasanya pendulang emas memerlukan waktu seumur hidup untuk mendapatkan emas seberat yang diperoleh John.

"Semua mengatakan ini adalah keberuntungan seorang pemula. Saya sebenarnya sangat tertarik dengan ide mendulang emas namun baru melakukannya 18 bulan lalu," ujar John.

John mencari emasnya di sekitar wilayah Highland Boudary Fault yang memisahkan dataran tinggi dan rendah Skotlandia. Kawasan ini dikenal sebagai "gudangnya" metak dan mineral berharga.

Cincin pernikahan Morag memiliki berat 3,25 gram dan milik John seberat 5,2 gram. Jika ditotal seluruh emas yang diperoleh John mencapai bobot 100 gram.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com