Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah ISIS, Tank Turki Siaga di Perbatasan Suriah

Kompas.com - 30/09/2014, 11:48 WIB
MURSITPINAR, KOMPAS.COM - Sejumlah tank militer Turki mengambil posisi di sebuah bukit yang menghadap ke kota perbatasan Suriah yang terkepung, Kobani, Senin (29/9/2014). Militer Turki mengambil langkah itu setelah sejumlah peluru artileri menghantam wilayah Turki saat kaum militan Negara Islam atau ISIS menembaki kota itu, kata seorang koresponden Reuters.

Setidaknya 15 tank ditempatkan di sana di dekat pangkalan militer Turki yang terletak di barat laut Kobani. Gumpalan asap membubung saat tembakan artileri menghantam sisi timur dan barat Kobani.

Setidaknya dua tembakan artileri juga mencapai wilayah Turki pada hari Senin.

CNN juga melaporkan bahwa militan ISIS memang sedang mendekati perbatasan Turki. Walau koalisi pimpinan AS mengintensifkan serangan udara terhadap ISIS di Suriah dan Irak, tetapi hal itu mungkin tidak cukup untuk menghentikan laju gerakan kelompok teror itu.

Seorang warga sipil yang tidak mau disebutkan jati dirinya mengatakan, ISIS berada sekitar 3 kilometer di sebelah timur Kobani. Kesaksian warga  sipil itu sama laporan kelompok pemantauan yang berbasis di London, yaitu Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Jika ISIS bisa mengambil alih Kobani, kelompok itu akan mengusai wilayah luas sepanjang lebih dari 100 kilometer dari Raqqa, yang telah dinyatakan sebagai ibu kota dari kelompok itu, hingga ke perbatasan Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com