Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan ISIS Berjarak Kurang dari 1 Kilometer dari Baghdad

Kompas.com - 29/09/2014, 22:54 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan berada dalam jarak kurang dari satu kilometer dari gerbang kota Baghdad. Demikian Yayasan Bantuan dan Rekonsiliasi Timur Tengah, Senin (29/9/2014).

"Pasukan ISIS kini berada dalam jarak kurang dari satu kilometer dari perbatasan Baghdad," kata juru bicara lembaga itu.

Pada saat yang sama, pertempuran antara ISIS dan pasukan Pemerintah Irak terjadi di salah satu kota strategis, Fallujah, yang berjarak 40 kilometer sebelah barat Baghdad.

Berdasarkan laporan seorang koresponden BBC, pertempuran sedikit mereda pada Senin siang. Namun, pasukan kedua kubu masih berhadapan di sepanjang jalan utama dekat Fallujah yang dikuasai ISIS.

Pasukan ISIS berhasil maju mendekati Baghdad. Namun, gerak maju itu masih bisa dihambat rangkaian pengeboman dari udara dan perlawanan pasukan darat Irak.

Sepanjang Minggu malam, serangan udara AS menghantam posisi ISIS di provinsi Anbar, Irak. Sementara itu, di Suriah, empat serangan AS menghancurkan empat lagi ladang minyak yang dikuasai ISIS.

Sementara itu, diperoleh kabar bahwa aliansi antara Front Al-Nusra dan ISIS di Suriah akan melawan serangan udara pasukan koalisi pimpinan AS.

Kedua kelompok itu selama ini berseteru di Suriah. Namun, demi melawan serangan udara AS dan sekutunya, kedua kelompok militan ini membentuk sebuah aliansi longgar.

Juru bicara Al-Nusra, Abu Firas al-Suri, sebelumnya telah mengancam akan membalas negara-negara yang terlibat dalam koalisi dengan AS. "Ini bukan perang terhadap Al-Nusra. Ini adalah perang terhadap Islam," ujar Al-Suri.

Sejumlah sumber kepada harian The Guardian mengatakan, para pemimpin ISIS dan Al-Nusra kini sedang bertemu untuk merencanakan serangan balasan terhadap koalisi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com