Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banglades Tangkap Tersangka Anggota ISIS Asal Inggris

Kompas.com - 29/09/2014, 21:16 WIB
DHAKA, KOMPAS.com - Pemerintah Banglades, Senin (29/9/2014), menahan seorang warga Inggris karena diduga merekrut para pemuda untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Samiun Rahman (24), ditangkap di ibu kota Dhaka, enam bulan setelah aparat keamanan meyakini pria ini memasuki Banglades.

"Dalam pemeriksaan awal, dia mengatakan bahwa dia menetap di Banglades untuk merekrut anggota baru ISIS dan Front Al-Nusra," demikian pernyataan Kepolisian Metropolitan Dhaka.

"Pria ini pernah bertempur di Suriah dari September hingga Desember tahun lalu sebagai anggota brigade Al-Nusra. Dia pergi ke Suriah bersama kawannya dari Inggris," kata juru bicara kepolisian Dhaka, Masudur Rahman.

Masudur menambahkan Samiun Rahman alias Ibn Hamdan berencana mengirim warga Bangladesh ke Suriah dan membentuk jaringan Al-Qaeda di wilayah Banglades serta Myanmar.

Pekan lalu, dua tersangka anggota kelompok militan ditahan karena diduga mencoba untuk membentuk "cabang" Al-Qaeda di Banglades.

Asif Adnan (24) dan Fazle Elahi Tanzil (26) merupakan anggota kelompok militan lokal Ansarullah Bangla Team. Kelompok ini tahun lalu dituding mendalangi pembunuhan seorang bloger yang kerap mengkritik Islam.

Sejak akhir 1990-an, sejumlah kelompok militan Islam yang beroperasi di Banglades dituding sebagai dalang sejumlah serangan maut. Namun, tak satupun dari kelompok-kelompok itu terkait dengan Al-Qaeda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com