Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Tak Kunjung Reda, Sekolah di Hongkong Diliburkan

Kompas.com - 29/09/2014, 06:52 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber AFP
HONGKONG, KOMPAS.com - Demonstrasi menuntut adanya pemilihan langsung di Hongkong tak kunjung mereda sampai di hari Senin (29/9/2014). Hal ini membuat polisi mengeluarkan pernyataan mendesak kepada pengunjuk rasa. Polisi menginginkan para demonstran untuk tetap tenang dan tidak melawan penjagaan polisi.

Mereka juga menginginkan para demonstran untuk tidak lagi menduduki jalan utama sehingga jalan bisa dibuka kembali untuk keadaan darurat dan laju kendaraan umum.

Keadaan kacau ini juga membuat membuat pemerintah terpaksa meliburkan sekolah-sekolah di daerah penting. Biro Pendidikan Hongkong mengumumkan bahwa sekolah-sekolah di Wan Chai, dan distrik lain di kawasan barat diliburkan sementara waktu.

Demonstrasi sudah menyebar ke seluruh Hongkong. Causeway Bay, kawasan sebelah timur pusat Hongkong kini juga mulai dipenuhi sekitar 1.000 demonstran yang harus berhadapan dengan polisi anti huru-hara.

Polisi sampai saat ini sudah melakukan 78 kali penangkapan  untuk berbagai pelanggaran. Penangkapan ini dilakukan atas dasar masuk paksa ke tempat pemerintahan, perbuatan melanggar hukum, perilaku tidak tertib di tempat umum sampai menyerang pejabat publik. Akibat demo ini, 26 orang dirawat karena luka-luka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com