Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahmoud Abbas: Israel Melakukan Genosida di Gaza, di Depan Mata dan Telinga Dunia

Kompas.com - 27/09/2014, 07:59 WIB

MARKAS BESAR PBB, KOMPAS.com - Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas, Jumat (26/9/2014), menuding Israel telah melakukan perang genosida di Gaza. Dia pun bersumpah menuntut keadilan atas hal itu.

"Kami tidak akan melupakan dan kami tidak akan mengampuni, dan kami tidak akan membiarkan penjahat perang untuk menghindari hukuman," kata Abbas dalam pidatonya di Majelis Umum PBB.

Selama 50 hari, Gaza dibombardir Israel. Perang ketiga di Gaza dalam enam tahun terakhir ini telah menewaskan tak kurang dari 2.140 orang, yang kebanyakan adalah warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak.

"Israel telah memilih untuk membuatnya menjadi tahun perang baru genosida yang dilakukan terhadap rakyat Palestina," tegas Abbas. "Perang di Gaza merupakan serangkaian kejahatan perang absolut yang dilakukan Israel di depan mata dan telinga dunia."

Palestina telah mengancam membawa perkara serangan Israel tersebut ke Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag, Belanda. Perang tersebut berhenti setelah Israel dan Hamas membuat kesepakatan gencatan senjata jangka panjang atas mediasi Mesir, pada 26 Agustus 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com