Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung AS Serang ISIS, Belgia Kirim 6 Jet Tempur

Kompas.com - 27/09/2014, 05:41 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

BRUSSELS, KOMPAS.com - Parlemen Belgia menyetujui pengiriman enam jet tempur F-16 milik negara itu, Jumat (26/9/2014), bergabung bersama Amerika Serikat menyerang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Seusai voting di parlemen, pemerintah Belgia menyatakan enam jet tersebut langsung lepas landas dari Jordan. Pemerintah Belgia menyatakan pesawat mereka akan terlibat dalam misi menggempur basis ISIS di Irak, Sabtu (27/9/2014).

Penyerangan, kata pernyataan itu, akan mengikuti arahan dari Washington yang diberikan pada awal pekan ini. Berdasarkan arahan tersebut, sasaran serangan akan terbatas di wilayah Irak. 

Juru Bicara Gedung Putih, Josh Earnest, menyambut bantuan enam jet tempur Belgia dengan menyebutnya sebagai perkembangan yang menggembirakan.

Selain Belgia, Earnest juga mengatakan Denmark akan memberikan bantuan tujuh pesawat untuk mendukung serangan udara Amerika di Irak. Selain Belgia dan Denmark, Inggris juga telah memastikan bergabung dalam operasi militer Amerika melawan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com