Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Campurkan Opium ke Dalam Makanan, Pemilik Restoran Ditahan

Kompas.com - 26/09/2014, 19:45 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan para pemilik rumah makan agar para pelanggan mereka terus kembali. Namun yang dilakukan pemilik sebuah restoran mi di provinsi Shaanxi, China ini terbilang ekstrem karena dia mencampurkan opium ke dalam makanan yang disajikan.

Seorang pelanggan restoran Yan'an di provinsi Shaanxi, Liu Juyou (26), terkejut saat mengetahui terdapat kandungan opium di dalam tubuhnya. Opium adalah bahan dasar untuk membuat heroin.

Pemeriksaan tubuh Liu itu terjadi ketika dia dihentikan polisi dalam sebuah operasi rutin awal bulan ini. Demikian laporan harian Hua Shang Bao.

Beruntung, Liu berhasil meyakinkan polisi dirinya tidak bersalah ketika membuktikan bahwa seluruh keluarganya yang juga menjadi pelanggan restoran Yan'an juga "terpapar" opium di dalam tubun mereka.

Polisi kemudian mendatangi restoran Yan'an dan menahan pemiliknya yang hanya disebut bernama Zhang. Di hadapan polisi Zhang mengakui dia memang menggiling opium untuk dicampurkan ke dalam makanan yang dijualnya.

Zhang mengaku dia membeli sekitar 2 kilogram opium dengan harga 100 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 juta pada Agustus lalu. Dia mengaku mencampurkan opium ke dalam mi masakannya agar lebih lezat demi meningkatkan bisnis kulinernya.

Meskipun kadar opium di dalam mi racikannya tidak sampai membuat seseorang ketagihan namun kadar itu cukup untuk diketahui dalam sebuah tes antinarkoba. Polisi akhirnya menahan Zhang selama 10 hari, sementara Liu Joyou ditahan 15 hari setelah polisi menolak permohonannya untuk dibebaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com