Wukuf 3 Oktober, Tahun Ini Haji Akbar - Kompas.com

Wukuf 3 Oktober, Tahun Ini Haji Akbar

Kompas.com - 25/09/2014, 07:53 WIB
AFP PHOTO / FAYEZ NURELDINE Manusia menyemut beribadah dan melakukan tawaf mengelilingi Kabah, bangunan suci di Masjidil Haram, di Kota Makkah, Arab Saudi, bagian dari kegiatan haji, 8 Oktober 2013. Lebih dari dua juta muslim tiba di kota suci ini untuk ibadah haji tahunan.
MAKKAH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi, Rabu (24/9/2014), telah menetapkan hari wukuf. Hari Wukuf, 9 Dzulhijjah, dinyatakan jatuh pada Jumat, 3 Oktober 2014. Dengan demikian haji tahun 1435 Hijriyah atau 2014 menjadi haji akbar.

"Baru saja kami dapat informasi dari Kepala Pusat Observatorium King Abdul Aziz tentang penetapan 1 Dzulhijah. Bahwa hasil pengamatan tim di Arab Saudi ada beberapa tempat melihat hilal," kata Kasubdit Pembinaan Syariat dan Hisab Rukyah Kementerian Agama, Ahmad Izzuddin, dalam konferensi pers di Kantor Misi Haji Indonesia Daker, Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/9/2014).

"Arab Saudi menetapkan bahwa 25 September hari Kamis sudah masuk 1 Dzulhijjah. Sehingga konsekuensinya 9 Dzulhijah jatuh di Hari Jumat (3/10/2014)," kata Izzudin.

Ketika wukuf jatuh pada hari Jumat, maka ibadah itu disebut haji akbar. Masyarakat Arab Saudi juga punya tradisi mengikuti ibadah haji, ketika dinyatakan wukuf jatuh pada hari Jumat seperti ini.

Dengan penetapan penanggalan hijriyah ini, jumlah jamaah haji pun diprediksi akan membludak. "Ini menjadi tradisi haji Akbar. Haji akbar terakhir (sebelum ini adalah) pada tahun 2006," imbuh Izzudin.

(Kholish Chered/Hertanto Soebijoto)

EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM