Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2014, 15:28 WIB
KOMPAS.COM - Perang melawan kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS akan butuh waktu bertahun-tahun, seperti disampaikan juru bicara militer AS, Laksamana Muda John Kirby, kepada BBC. Kirby juga mengatakan bahwa serangan udara terhadap ISIS yang dipimpin AS di Suriah telah mengacaukan kapabilitas kelompok tersebut.

Pernyataan itu disampaikan setelah Presiden Barack Obama berterima kasih kepada negara-negara Arab atas bantuan mereka dan Menlu AS John Kerry mengatakan lebih dari 50 negara telah sepakat untuk memerangi ISIS.

ISIS telah menguasai wilayah yang luas di Suriah dan Irak, dan AS telah meluncurkan hampir 200 serangan udara di Irak sejak Agustus lalu.

AS telah meluncurkan serangan udara di perbatasan Suriah untuk pertama kalinya.

Aktivis mengatakan setidaknya 70 orang militan ISIS, dan 50 orang petempur yang terkait dengan Al Qaeda dan delapan warga sipil tewas dalam serangan.

Di Washington, Laksamana Muda John Kirby mengatakan serangan udara di Suriah telah sukses menurunkan kemampuan ISIS. "Kamu pikir kami telah menyerang apa yang menjadi target kita," kata dia.

Bagaimanapun, ISIS cukup bagus untuk beradaptasi dan beraksi terhadap perubahan, serta menampilkan "ancaman serius" yang tidak akan dapat disingkirkan "dalam waktu beberapa hari atau bulan". "Butuh usaha yang serius dengan keterlibatan semua pihak. Kami yakin bahwa kami bicara tentang waktu bertahun-tahun."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com